Plt Gubri lantik M Yafiz Sebagai Plt Sekdaprov Gantikan Zaini Ismail

Image
Monday, 26 October 2015 | 06:13:57 WIB 1109

PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pagi ini mendadak melantik Plt Sekdaprov Riau M Yafiz menggantikan Zaini Ismail.

Pelantikan ini sendiri tak dihadiri Zaini, kecuali hanya sejumlah pejabat tinggi pratama (eselon II) di lingkungan Pemprov Riau.Belum jelas alasan Plt Gubri melantik Plt Sekdaprov.

Namun dalam kata sambutannya, mantan anggota DPR RI yang biasa disapa dengan Andi Rachman ini mengaku, sudah berkonsultasi dengan Mendagri serta telah menerima Surat Perintah Tugas Gubernur Riau terkait pengangkatan Plt Sekdaprov.

"Sudah berkonsultasi, surat perintah tugasnya juga sudah ada," kata Andi, di ruang melati kantor gubernur, Senin (26/10/15)

Zaini Tak Hadir saat pelantikan M Yafiz

Pasca dilengserkan jadi Sekdaprov Riau, Zaini Ismail diturunkan jadi pejabat fungsional umum, layaknya pejabat yang non job yang tidak dilantik setelah mengikuti proses assesment beberapa waktu lalu.

Belum tahu, di Satuan Kerja Perangkatan Daerah (SKPD) mana nantinya Zaini yang juga mantan Kepala BKD Riau ini nantinya ditempatkan.

"Sekda lama nantinya ditempatkan sebagai pejabat fungsional umum," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Riau Asrizal, Senin (26/10/15).

Menurut Asrizal, pengembalian Zaini Ismail sebagai pejabat fungsional umum sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) 155/2015. Asrizal juga menyebut telah mengundang Zaini pada pelantikan M Yafiz selaku Plt Sekdaprov Riau, meski tidak menampakan diri.

"Sudah kami undang, alasan tak datang tanya saja dengan beliau," ungkap Asrizal.

Sementara itu, sampai saat ini belum ada penjelasan dari Zaini Ismail yang mendadak saja kehilangan jabatan strategisnya dan kini tak memiliki jabatan apapun.

Plt Gubri Bantah Pengangkatan Yafiz Mendadak dan dan tak Prosedural


Usai melantik M Yafiz sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekdaprov Riau, Plt Gubri membantah jika disebut terkesan mendadak. Pelantikan itu sendiri bermodalkan Kepres No 155/2015, yang diterima dari Presiden pada 21 September lalu.

"Tidak ada yang mendadak, inikan ada Kepresnya," kata Plt Gubri, yang biasa disapa dengan Andi Rachman, usai melantik Plt Sekdaprov di ruang melati, Senin (26/10/15).

Tidak hanya membantah terkesan mendadak, Andi juga menyangkal penunjukan M Yafiz sebagai Sekda karena hubungan Disharmoni antara dirinya dengan Sekda lama Zaini Ismail.

Plt Gubri juga menegaskan, bahwa pengangkatan M Yafiz sudah melalui prosedur sebagaimana ketentuan yang berlaku, seperti mendapatkan persetjuan dari Kemendagri.

"Sudah berkonsultasi, surat perintah tugasnya juga sudah ada," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Andi juga meminta kepada seluruh SKPD mendukung langkah yang diambilnya tersebut, agar proses pelayanan dan pemerintahan berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, Plt Gubri menyebut sudah lama berkonsultasi prihal pengangkatan Plt Sekdaprov, baik melalui Mendagri mau pun Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). Ada pun pasca pengangkatan ini, menurut Andi diusulkan pembentukan Pansel untuk jabatan Sekda definitif.(fr)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...