Pelayanan Puskesmas Di Rohul Serasa di Rumah Sakit

Image
Friday, 03 November 2017 | 08:30:28 WIB

ROKAN HULU (nusapos.com)-Dalam upaya berikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, Puskesmas Rambah Samo II‎ kini terus melakukan berbagai inovasi. Buktinya masyarakat yang berobat kesana mengaku, berobat di puskesmas itu tak ubah seperti di rumah sakit (RS).

Diutarakan pasien Desa Karya Mulia, Mulyono, dirinya lebih memilih berobat di Puskesmas Rambah Samo II ketimbang ke Rumah sakit umum darah (RSUD) Pasir Pangaraian.

Karena, berobat di Puskesmas pelayanannya sama baiknya dengan RSUD bahkan lebih nyaman, sehingga dirinya menganggap Puskesmas Rambah Samo II ini seperti RSUD. Selain itu, juga dekat dengan desa mereka.

"Di sini nyaman, kami juga dilayani dengan baik. Bahkan bagi kami yang kurang mampu seperti ini, bisa berobat hanya dengan menunjukan Kartu keluarga (KK) dan KTP saja," katanya, Kamis (2/11/2017).

Juga diakui  M.Syiam warga Rambah Samo yang juga dirawat di ruang rawat inao mengakui, bahwa pelayanan yang diberikan puskesmas Rambah Samo II sudah sangat baik, bahkan sudah seperti RS saja.

"Memang bagus pelayanan nya disini, makanya kami lebih memilih berobat disini,: sebutnya.

Kepala Puskesmas Rambah Samo II ‎drg. Hj. Nurhijriati  ‎mengaku, dirinya senang mendengar kepuasan pelayanan yang diberikan oleh pihaknya ke para pasien yang berobat, di puskesmas yang dipimpinya.

Diakuinya, bahkan banyak masyarakat yang memilih berobat di Puskesmas Rambah Samo II ketimbang di Rujuk ke RSUD. Saat ditanya alasanya, para pasien mengaku mereka lebih nyaman disini dan berobat disini masih bisa menggunakan KK dan KTP bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Saya juga heran, banyak pasien yang tidak mau dirujuk ke RSUD padahal disanakan lebih lengkap peralatan medisnya, bahka mereka lebih memilih berdesak-desakan dirawat inap yang ada disini," imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, saat ini pihaknya kekurangan Ruang rawat inap, pasalnya ruang Rawat inap yang ada di sini sudah tidak lagi cukup menampung pasien yang mau dirawat inap.

Nurhijriati mengaku, saat ini ruangan rawat hanya dapat menampung 14 pasien, dan itupun sudah maksimal, sedangkan setiap harinya pasien yang mau dirawat inap selalu bertambah. Termasuk, sudah ada Intalasi Gawat Darurat (IGD) serta ruang bersalin, dan poli.

"Kami berharap, agar pemkab Rohul bisa membantu membangun ruang rawat inap tambahan untuk menampung para pasen rawat inap, paling tidak 2 ruangan lagi," harapnya.

Katanya lagi, pelayanan puskesmas yang dipimpinnya mencakup lima desa yang ada di Rambah Samo, yakni Desa Rambah Utama, Karya Mulya, Pasir Makmur, Masda Makmur dan Rambah Baru. Meskipun mencakup lima desa, puskesmas tetap menerima pasien dari desa lainnya dari Kecamatan Kepenuhan Hulu dan desa tetangga lainnya.

‎"Memang banyak pasien dari kecematan Kepenuhan dan Rambah Hilir, alasan mereka karena jaraknya dekat dan pelayanannya bagus," terangnya.


Sumber : MC Riau

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
rohul