Surau TV

Banner

Bercanda Soal Sagu Menyapa Dunia

Wagubri Cek Stok dan Distribusi Sembako Jelang Tahun Baru

Image
Friday, 22 December 2017 | 10:10:40 WIB


PEKANBARU (nusapos.com)- Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim lakukan peninjauan ke dua pasar yang ada di Pekanbaru, untuk memastikan ketersediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) menjelang Natal dan Tahun Baru. Kedua pasar yang ditinjau yakni Pasar Ramayana, Pasar Cik Puan termasuk Bulog yang ada di Jalan Sudirman.

Uniknya, ketika orang nomor dua di Riau ini tiba di Bulog yang selama ini memang hanya dikenal menyimpan beras dan jagung, Wan Thamrin malah menanyakan ketersediaan sagu.

"Sagu mana, kok cuma beras dengan jagung aja," kata Wan kepada petugas Bulog yang kemudian disambut gelak tawa para pejabat yang ikut dalam peninjauan tersebut seperti Kapolda Riau Irjend Pol Nandang, Kepala Dinas Perdangan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Riau Yulwiriati Moesa, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Darmansyah, Rabu 20 Desember 2017.

Entah maksudnya hanya bercanda atau menyindir, yang jelas Wan Thamrin yang juga mantan Bupati Rokan Hilir ini sempat menanyakan terkait slogan yang mulai digembor-gemborkan bahwa Riau adalah provinsi penghasil sagu.

"Kok tak ada, bukannya sekarang sagu Riau sudah menyapa dunia," ujar Wan lagi, yang lagi-lagi disambut gelak tawa para pejabat dan rombongan yang hadir.

Setelah mendapatkan penjelasan dari petugas Bulog, Wan Thmarin lalu mulai fokus menanyakan ketersediaan beras yang dipastikan aman hingga empat bulan kedepan. Dijelaskan juga, dalam berapa waktu mendatang, pasokan beras akan kembali bertambah demi menjaga ketersediaan beras tersebut.

Ada pun pengecekan dikedua pasar sebelumnya terlebih dahulu dilakukan peninjauan, Wan Thamrin juga sempat berdialog langsung dengan para pedagang, juga untuk memastikan ketersediaan sembako.

Diantaranta, pedagang cabe, sayuran, daging termasuk penjual ayam. Semua pedagang menurut Wan lagi mengaku soal ketersediaan tak ada yang perlu dirisaukan. Semuanya tersedia lebih dari cukup.

Begitu juga soal harga, dikatakan tak ada lonjakan signifikan. Seperti harga daging yang tetap dikisaran 120 ribu perkilo. Begitu juga harga cabe, sayuran tidak ada perubahan harga, kecuali harga ayam potong yang mencapai 28 ribu perkilonya. Pada hal sebelumnya, harga perkilonya hanya dikisaran 23 sampai dengan 24 ribu rupiah perkilonya.

"Tadi harga ayam memang mengalami kenaikan. Tapi secara umum ketersediaan bahan pokok aman. Harga juga stabil tapi memang berpariasi biasalah harga pasar. Tapi tak ada lonjakan, tak ada yang namanya langka," papar Wan Thamrin.

Ketersediaan sembako termasuk cabe dan sayuran di sejumlah pasar di Pekanbaru tersebut menurun Wan karena sebagian sudah dipasok dari sejumlah daerah di Riau sendiri. Ditambah lagi pasokan yang datang dari provinsi tetangga seperti Sumatera Barat.

"Pasokan tak mesti dari Sumbar, tapi dipenuhi juga dari Dumai seperti cabe. Sayuran juga banyak datang dari lokal," ujar Wan.

Sumber : -

Laporan : nikmad

Editor : Red

loading...
Post

Gubernur Komit Bangun Desa

1 tahun yang lalu
Post

Wagubri Tutup Riau Expo 2017

1 tahun yang lalu